Tinggalkan komentar

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii I Smp N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Dalam Pokok Bahasan Pythagoras (P-106)

BAB I
PENDAHULUAN

 
A.  Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang kian pesatdan perubahan global dalam berbagai aspek kehidupan yang datang begitu cepat menjadi  tantangan  bangsa   dalam  mempersiapkan generasi  masa  depan, termasuk peserta didik.
Untuk menghadapi dinamika dan mengantisipasi persoalan-persoalan kemungkinan besarsudah atau akan terjadidalam bidang pendidikan perlu disiapkan   perangkat  aturan  atau   kurikulum   yang  berbasis   kompetensi. Kompetensi  tersebut   diharapkan  dapat mengembangkan  ketrampilan  dan keahlian untuk dapat mempertahankan hidup di tengah perubahan dunia yang tibatiba, cepat, rumit, tidak pasti dan tidak menentu.
SMP Negeri 1 Adiwernatermasuk sekolah unggulandi Kabupaten Tegal dan sekolah yang berstandar nasional(SSN) dalam pembelajarannya menggunakan  kurikulum  2004  yang  berbasis pada kompetensi.  Namun kenyataannya   berdasarkan   pengamatan  dan   pengalaman   guru   pengajar matematika SMP Negeri 1 Adiwerna, masih banyak siswa  dalam pembelajaran  matematika, khususnya  materi  Pythagoras  masih mengalami kendala dan belum memperolehhasil  yang  memuaskan. Hal ini bisa dilihat darihasil ulangan harian untuk pokok bahasan  tersebut diatasmempunyai rata-rata nilai 65,1 padahal nilai batas tuntas sekolah yaitu 67.

Mengingat  kondisi   tersebut   di   atas,   maka   dalam   pembelajaran matematika, peneliti berupaya  untuk  merancang  model  pembelajaran  dan pendekatan   serta  pemilihan media  yang  tepat agar  tujuan  pembelajaran matematika berhasil.

Minat siswaperlu dibangkitkan dalam prosespembelajaran dengan variasi pembelajaran yang menarik, sehingga nantinya dapat mengerjakan soal dengan benar. Misalnya nilai tersebut perlu ditingkatkan melalui penerapan atau praktek langsung pada benda-benda kongkret yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari (contextual problem).

Berdasarkan      uraian      tersebut  di atas      penulis      ingin mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual pada pokok    bahasan Pythagoras  terhadap  prestasi belajar siswa  kelas  VIII  I  SMP  Negeri  1 Adiwerna KabupatenTegal semester gasal tahun pelajaran 2006-2007. untuk mengetahui penerapanpembelajaran kontekstual tersebut maka langkah yang perlu diambil adalah  membandingkan hasilpembelajaran tahun lalu dengan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kontekstual.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: